Laman

Selasa, 20 Maret 2012

2 Hari Menjelang Hari Hak Azasi Binatang di Taman Satwa Cikembulan


Taman satwa di desa Cikembulan, 15 kilometer arah barat dari pusat kota Garut tepatnya di kecamatan Kadungora  kabupaten Garut, Jawa Barat , memiliki sekurangnya 40 jenis satwa langka yang dilindungi, yang ditempatkan pada areal seluas kurang lebih 3 hektare dilengkapi taman bermain anak-anak serta sarana hiburan pendidikan lainnya. Diresmikan tanggal 22 November 2009 oleh Aceng H.M Fikri S.Ag Bupati Garut saat itu, operasionalnya telah dilaksanakan, dengan harga karcis masuk Rp 10 ribu bagi pengunjung dewasa dan Rp 5 ribu bagi anak-anak. Taman Satwa ini menyerap 20 pegawai, dan dari 15 orang diantaranya bertugas sebagai kipper. Kipper adalah istilah untuk orang yang bertanggung jawab dalam memberikan  makan dan membersihkan  kandang satwa.
Untuk Event, Hari Hak Azasi hewan yang di peringati tiap tanggal 15 Oktober pengelola ada recana untuk merayakan nya tetapi tidak untuk tahun-tahun ini di karnakan pengelola menghadapi banyak kendala-kendala yang di hadapi apalagi taman satwa ini baru di resmikan     2 tahun kebelakang. ”Banyak pembenahan-pembanahan yang masih di lakukan oleh pengelola Taman Satwa kami”, kata Pengelola Taman Satwa Cikembulan Rudi Arifin, S.E.
Untuk memberikan hak-hak yang yang di milik oleh Binatang Taman Satwa Cikembulan, pengelola bemberikan pelayaanan terbaik kepada binatang-binatang di sini. Seperti, pengelola memberi makan satwa nya sebanyak satu kali sehari ataupun bisa lebih, itu di sesuaikan dengan kebutuhan, pengelola taman satawa ini sangat memperhatikan kesehatan para satwa di taman satwa ini, pengelola mengagendakan untuk pemeriksaan kesehatan sebanyak satu bulan sekali. Sedangkan untuk pembersihan kandangnya pengelola membersiahkan kandang tiap pagi dan sore. Menurut Wawan bagian sekertaris dari taman satwa cikembulan , para satwa yang ada di taman satwa cikembulan  sangat di perhatiakan akan makanan, kebersihan serta kesehatnya.         " bandingkan  taman satwa ini dengan kebun bintang ataupun taman satwa lain nya, di Taman Satwa Cikembulan ini makanan, kebersihan serta kesehatnya satwa nya amat di jaga baik-baik oleh pengelola", kata Wawan seusai memberi makan ikan salah satu koleksi Taman Satwa Cikembulan, Rabu  (13/10). 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar