Laman

Kamis, 31 Mei 2012

Pengertian Bertanya


“You can tell whether a man is clever by his answers.
You can tell whether a man is wise by his questions.”
- Naguib Mahfouz,

penerima Nobel Kesusasteraan dari Mesir
Pengertian bertanya adalah tidak hanya bertanya saja. Pertanyaan berasal dari bahasa Latin, “quaerere”, yang berarti “to ask, to seek”. Artinya bertanya mengandung pengertian mencari.

Pertanyaan yang muncul dalam hati tentang suatu hal yang belum kita mengerti dengan sempurna, alangkah baiknya dimulai dengan mencari. Mencari mempunyai pengertian yang lebih jauh dari yang kita bayangkan selama ini. Mencari adalah proses untuk mendalami lebih jauh tentang suatu topik. Dalam proses pencarian, mungkin akan menemukan jawaban. Dalam proses pencarian mungkin akan menghasilkan pertanyaan baru. Proses pertanyaan, pencarian, dan jawaban akan menjadi siklus. Siklus proses ini jika diteruskan, maka akan menghasilkan pemahaman yang semakin baik tentang topik itu.



Kebiasaan bertanya, mencari, dan menemukan jawaban terhadap hal-hal apa pun, akan mejadikan kita berpikiran terbuka. Bertanya, mencari, dan menemukan (jawaban) kemudian berulang lagi, akan meningkatkan pemahaman, melihat lebih jauh, bahkan lebih baik dalam memutuskan sesuatu. Proses seperti ini juga akan membuat kita tidak terlalu mudah menilai, men-judge, bahkan menghakimi sebelum memiliki pengertian yang cukup baik.


Ilmu pengetahuan semakin maju sangat ditentukan oleh rasa penasaran dan curiousmanusia. Rasa penasaran dan keingintahuan manusia akan menentukan pencapaian manusia dalam hal apa pun, bukan hanya ilmu pengetahuan. Pengetahuan akan semakin berkembang dan maju sepesat pertanyaan yang muncul dalam diri manusia.

Maka sangat menarik apa yang dikatakan penyanyi penyair Joan Baez, "As long as one keeps searching, the answers come."Bahkan dalam kenyataannya, pertanyaan jauh lebih penting daripada jawaban. Bo Bennett seorang pebisnis dan pemotivasi mengatakan, “A single question can be more influential than a thousand statements."Kebiasaan bertanya, mencari dan menemukan, akan membuat kita berpikiran terbuka.

1 komentar:

  1. bertanya merupakan hal yang wajib kita ketahui dan sangat susah untuk di mengerti pengertian "bertanya itu"

    BalasHapus