Laman

Kamis, 10 Mei 2012

TUGAS SAPTA PESONA CURUG OROK

Curug Orok
Curug Orok merupakan jenis Objek Wisata  alam yang terletak di desa Cikandang kecamatan Cikajang Kabupaten Garut Propinsi Jawa Barat. Curug Orok itu sendiri dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara dan dimiliki oleh PT. Perkebunan Papandayan. Jarak kawasan ini dari Ibukota kecamatan Cikajang 5 Km, sedangkan dari Ibukota Kabupaten Garut 31 Km. Curug Orok sendiri berada di ketinggian 250 M diatas permukaan laut dengan konfigurasi umum lahan berbukit karena letaknya di kaki gunung Papandayan dan tingkat kemiringan lahannya landai dan curam
Tingkat stabilitas dan daya serap tanah di kawsan ini baik dan tingkat abrasi yang rendah. Jenis material tanahnya yaitu berupa tanah liat yang berbatu dan kerikil. Curug Orok memiliki air yang jernih, bau air normal dan temperatur yang dingin. Terdapat pengaruh musim dimana pada saat musim kemarau debit airnya lebih sedikit. Flora dominant di sekitar Curug Orok adalah pohon pinus, papaya dan tumbuhan liar lainnya. Sedangkan fauna yang terdapat di kawasan yaitu monyet dan ular.
Kualitas dan visabilitas lingkungan di kawasan ini tergolong baik walaupun terdapat sedikit pencamaran sampah dan vandalisme di bebatuan yang disebabkan oleh pengunjung. Terdapat pula papan penunjuk jalan dan sedikit rambu iklan. Sumber daya listrik di kawasan berasal dari PLN dengan 220 volt.
Sumber air bersihnya berasal dari air terjun itu sendiri yang debitnya tidak terbatas dan kualitas airnya yang jernih, rasanya tawar dan baunya normal. Sistem pembuangan limbah di Curug Orok yaitu melalui septic tank dan sistem irigasi dalam kondisi yang baik. Sedangkan sistem komunikasi di kawasan ini yaitu berupa handy talkie dengan jumlah 6 buah dalam kondisi yang cukup.
Keterkaitan antara objek wisata Curug Orok ini dengan sapta pesona yang di miliki oleh pariwisata Kabupaten Garut (aman, tertib, bersih, sejuk, indah dan ramah tamah). Yaitu bahwa objek wisata ini aman dari setiap tindak kejahatan karena adanya petugas yang selalu mengawasi tempat wisata ini dan tidak seseram asal usul penamaan air terjun ini, Curug Orok  sudah tidak terjadi pembuangan bayi..
Objek wisata ini tertib dengan administrasi keuanganya karena objek wisata ini salah satu objek wisata yang memberikan distribusi pemasukan pada pemerintah kab. Garut. Objek wisata ini pula sekarang sudah bersih dari sampah-sampah yang sering di buang oleh para pengunjung yang tidak membuang sampah pada tempatnya karena tiap hari di bersihkan oleh petugas setempat sehingga menjadikan tempat wisata ini sejuk dan indah dengan berbagai tumbuhan yang tumbuh di sekitarnya dan juga pemandangan kebun Teh yang berjajar di setiap jalan menuju air terjun Curug Orok ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar